Bencana Alam Puting Beliung Melanda Desa Adi Luhur: Masyarakat Bergerak Bersama untuk Pemulihan

05 Maret 2024
Administrator
Dibaca 183 Kali
Bencana Alam Puting Beliung Melanda Desa Adi Luhur: Masyarakat Bergerak Bersama untuk Pemulihan

Desa Adi Luhur, Lampung Timur - Minggu, tanggal 2 Maret 2024, menjadi hari yang mengguncang bagi warga Desa Adi Luhur ketika sebuah puting beliung melanda daerah mereka sekitar pukul 17.30 WIB. Angin kencang dari puting beliung ini menerjang pemukiman warga, menyebabkan kerusakan yang cukup parah.

Menurut data yang dihimpun, terdapat kerusakan yang terjadi sebagai berikut:

  • Rusak Ringan: 111 bangunan
  • Rusak Sedang: 44 bangunan
  • Rusak Berat: 76 bangunan
  • Roboh Total: 3 bangunan

Dalam kejadian ini, beruntung tidak ada korban jiwa yang dilaporkan. Namun, tiga orang mengalami luka-luka akibat kejadian tersebut, yakni Antoni, Syairi, dan Supriyadi. Mereka segera dilarikan ke klinik terdekat untuk mendapatkan pertolongan medis. Suasana saat kejadian begitu mencekam dan menegangkan bagi warga setempat.

Mobilisasi bantuan dan pemulihan tidak berhenti begitu saja. Pada hari berikutnya, 3 Maret 2024, perangkat desa, masyarakat, serta berbagai instansi seperti Polri, TNI, Banser, dan Ormas sekitar, bersatu dalam gotong royong untuk merenovasi rumah-rumah yang terdampak. Kepala Desa Adi Luhur, Bapak Agus Pujianto, S.P, secara langsung memimpin upaya pemulihan ini.

Berita duka ini tidak hanya menjadi sorotan lokal, tetapi juga viral di media sosial, menarik perhatian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Sosial, serta berbagai instansi lainnya. Bantuan baik berupa sembako maupun material diluncurkan untuk mendukung upaya pemulihan.

Hingga hari ini, Rabu, 5 Maret 2024, instansi terkait masih terus bergotong royong untuk memperbaiki rumah-rumah yang roboh total. Posko bencana alam puting beliung pun telah didirikan sebagai tempat untuk koordinasi dan musyawarah, terletak di Tugu Tani Dusun 4 Desa Adi Luhur.

Kepala desa menyampaikan harapannya agar pemulihan rumah warga dapat segera terselesaikan, dan semoga bencana alam tidak akan menghantam lagi Desa Adi Luhur. Semangat gotong royong dan solidaritas masyarakat menjadi kunci dalam menghadapi cobaan ini. Semoga bantuan dan dukungan terus mengalir untuk memulihkan Desa Adi Luhur kembali ke keadaan yang lebih baik.

#pulihdesaku #prayforadiluhur